English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 25 Februari 2010

20.000 Bidik Misi untuk Calon Mahasiswa Kurang Mampu

Padang, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) akan menyalurkan Beasiswa Pendidikan Calon Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu (Bidik Misi) untuk 20.000 calon mahasiswa se-Indonesia pada tahun 2010.
Bidik Misi ini diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu dan berprestasi baik baik di bidang akademik/kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

Acuan pemerintah dalam meluncukan Bidik Misi adalah Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan berhak mendapat beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya kurang mapu membiayai pendidikanya.

Salah satu tujuan yang diharapkan dari Bidik Misi ini adalah melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya penghentasan kemiskinan,” Kata Asisten Pembantu Rektor III Universitas Andalas Yossyafra.

Dikatakannya, Penyelenggara Bidik Misi adalah Perguruan Tinggi Negri dan Perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang terpilih dibawah Depertemen Pendidikan Nasional dan Depertemen Agama.

Menurut Yossyafra, pemerintah akan melakukan monitoring dan evaluasi untuk program Bidik Misi ini berupa evaluasi eksternal dan internal.

Monitoring dan evaluasi eksternal seperti prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa, Penyaluran dana beasiswa dan jumlah mahasiswa penerima beasiswa.

Yossyafra berharap kepada calon mahasiswa yang berprestasi unutk tidak takut kuliah di perguruan tinggi negeri atau BHMN, karena pemerintah telah mengangarkan dana besar untuk beasiswa ini. (Sumber: Antara Sumbar)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sub. Bagian Kemahasiswaan Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ariefortuna's Zone for Gugus Depan 10.095 - 10.096 Racana Pagaruyung STKIP PGRI Sumatera Barat